Rabu, 18 Februari 2015

Ini! Referensi Berburu Kuliner Malam di Surabaya

Lontong Balap Pak Gendut
Berburu aneka kuliner saat berwisata adalah salah satu hal yang dinanti oleh para traveller. Jika Anda kebetulan ingin berwisata kuliner di Surabaya. Maka cobalah berburu kuliner malamnya. Ada banyak kuliner khas Surabaya yang bisa Anda cicipi.

Aneka pilihan kuliner malam di Surabaya yang bisa Anda cicipi ini memang bukan berasal dari restoran mewah atau di dalam hotel berbintang. Namun, aneka kuliner khas Surabaya ini dijajakan di sebuah warung tenda yang sering Anda temukan di pinggir jalan sekitar kota ini. Lalu, kuliner apa saja yang bisa Anda cicipi di kota ini.

1.    Lontong Balap Pak Gendut

Lontong balap ini memang menjadi juara di kota ini. Lokasi lontong balap ini yaitu di Jalan Moestopo. Meski kini warung makan tersebut dikelola oleh anaknya, tak lantas rasanya berbeda. Warung yang telah ada sejak puluhan tahun silam ini tetap menjaga rasa dari campuran lontong, tahu, lento serta kecambah dan kuah. Jangan lupa juga sate kerangnya.

2.    Tahu Campur Kalasan

Tahu campur memang menjadi salah satu kuliner khas dari Jawa Timur. Di Surabaya, terdapat warung yang menjual tahu campur dan terkenal cukup lezat. Yaitu Tahu Campur H. Abdul Mahfud yang ada di Jalan Kalasan no 22. Warung yang juga terkenal dengan sebutan Tahu Campur Kalasan ini memang terkenal memiliki campuran tahu, mie, tauge, otot sapi, sayur selada serta siraman kuah kaldu bercampur petis yang lezat. Jangan lupa juga taburan kerupuk di atasnya untuk menambah kelezatan.

3.    Rawon Setan / Rawon Embong / Rawon Mbak Endang

Salah satu kuliner khas Jawa Timur lainnya yaitu rawon. Kuliner seperti soto namun dengan kuahnya yang hitam ini memang cukup lezat. Kuliner ini terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu, jeroan atau kikil sapi serta daun melinjo dan tauge mentah. Terbayang bukan kelezatannya? Salah satu warung penjual rawon yang terkenal adalah Rawon Setan atau Rawon Embong atau Rawon Mbak Endang.

4.    Warung Bu Kris

Warung ini merupakan warung serba penyet yang ada di Jalan Tenggilis Utara. Meski tempatnya tidak terlalu besar, namun warung ini selalu laris diserbu penggemar. Warung ini menyediakan aneka penyetan seperti ayam, tahu, tempe, empal, gurame hingga bakso penyet.

5.    Nasi Bebek Goreng BCA

Salah satu kuliner malam yang terakhir yang wajib Anda cicipi saat berwisata kuliner di Surabaya adalah nasi bebek. Salah satu warung nasi bebek yang terkenal adalah yang ada di sekitar Tugu Pahlawan di Jalan Tembaan. Nasi bebek yang dikenal juga dengan sebutan Bebek Goreng BCA ini menyediakan menu bebek goreng dan dipangang. Cocolan sambalnya pun cukup pedas. Jadi, cocok untuk Anda penyuka pedas dan makanan olahan bebek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar