Rabu, 21 Januari 2015

Mengelilingi Museum House of Sampoerna, Kisah Pabrik Rokok di Surabaya


Sampoerna, adalah salah satu merk perusahaan rokok ternama di Indonesia. Pabrik yang ada di Kota Surabaya ini, kini menjadi telah beralih fungsi. Jika sebelumnya pabrik ini hanya digunakan sebagai penghasil rokok. Namun kini, pabrik tersebut diubah menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang bernama Museum House of Sampoerna.

Di Museum House of Sampoerna, Anda akan melihat aneka mesin serta miniatur peralatan pembuatan rokok. Suasana museum ini, mirip seperti tempo dulu. Tentunya mengembalikan ingatan Anda terhadap pabrik rokok ini.

Tempat wisata di Surabaya ini terletak di kawasan Kota Tua. Museum ini telah mengalami beberapa perombakan. Namun, arsitektur asli gedung ini tetap terjaga. Meski telah menjadi museum, pabrik ini tetap memproduksi rokok kretek Dji Sam Soe yang memang menjadi produk andalan dari PT ini.

Bangunan ini terbagi atas 3 bagian gedung. Gedung yang pertama telah menjadi auditorium sentral atau kini telah menjadi museum. Pada bagian timurnya diubah menjadi kafe, kios merchandise serta galeri seni. Sedangkan gedung yang terakhir atau sisi barat, tetap dijadikan sebagai temapt tinggal keluarga pendiri Sampoerna.


Lingkungan museum ini cukup tertata rapi, bersih serta terawat. Bahkan untuk menambah kesan elegan, museum ini menggunakan cahaya temaram. Setelah puas berkeliling, Anda bisa beristirahat di kafe yang terletak di gedung bagian timur. Di gedung bagian timur tersebut, tersedia oleh-oleh berupa aneka peralatan rokok tradisional dalam bentuk miniatur. Hingga oleh-oleh berupa buku serta kemeja. Selain itu, Anda bisa melihat aneka mesin press untuk mengemas rokok hingga aneka kemasan rokok dari tahun ke tahun.

Jika ingin mengunjungi Museum House of Sampoerna ini, Anda bisa datang ke Jalan Taman Sampoerna 6 Surabaya. Tempat wisata di Surabaya ini dibuka sejak pukul 9 pagi hingga 10 malam. Dan Anda tak perlu khawatir akan biaya masuk ke museum ini. Karena tak ada biaya masuk sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar