Selasa, 10 Maret 2015

Destinasi Wisata Religi di Surabaya? Yuk Kunjungi 5 Tempat Ibadah Ini!

Kelenteng Hong Tiek Hian
Surabaya tak hanya terkenal dengan Kota Pahlawan saja. Namun juga terkenal sebagai kota yang religius. Terbukti, banyak tempat ibadah di Surabaya yang menarik untuk di kunjungi. Jadi, tak ada salahnya jika Anda melakukan wisata religi saat Anda berada di kota ini.

Tempat ibadah di Surabaya yang bisa Anda kunjungi saat berwisata religi yaitu mulai dari masjid, gereja hingga kelenteng. Nah, jika Anda ingin menikmati wisata keagamaan di kota ini, berikut ini adalah 5 daftar tempat ibadah yang bisa Anda kunjungi di kota Surabaya.

1.    Masjid Muhammad Ceng Ho Surabaya

Masjid ini menjadi salah satu masjid kebanggaan dari warga Surabaya. Yang menarik adalah, masjid ini adalah masjid dengan nuansa seperti kelenteng atau tempat ibadah umat Kong Hu Cu. Masjid ini terletak di kawasan Genteng, Surabaya. Untuk membedakan antara bangunan kelenteng dengan masjid, maka pada bangunan ini terukir lafadz Allah dalam huruf arab. Meskipun begitu, relief naga dan patung singa tetap bisa Anda temukan di masjid yang dibangun untuk penghormatan terhadap laksamana asal China yang beragama Islam.

2.    Arca Joko Dolog

Arca ini terkenal juga dengan sebutan Arca Budha Mahasobya. Karena berada di Jalan Joko Dolog, maka Arca ini dikenal juga dengan sebutan Arca Joko Dolog. Arca tersebut dibuat untuk menghormati Kertanegara Putra Wisnu Wardhana yang merupakan Raja Singosari pada masa tersebut. Namun, ada sejarah lainnya yang mengambarkan arti dari arca tersebut. Dan Anda bisa mengetahui dengan mengunjungi bangunan ini saat Anda berada di Surabaya.

3.    Kelenteng Hong Tiek Hian

Kelenteng ini dikenal juga dengan sebutan Kelenteng Dukuh. Karena Kelenteng ini berada di Jalan Dukuh, Kawasan Pecinan Surabaya. Bangunan ini mencirikan khas rumah ibadah warga Tionghoa yakni merah. Kelenteng ini semakin menarik untuk dikunjungi karena merupakan kelenteng tertua di Surabaya.

Bangunan ini terdiri dari 2 bangunan dengan 2 tingkat yang dipisahkan oleh Gang Dukuh II. Namun kedua bangunan ini disatukan dengan sebuah jembatan yang dijaga oleh 2 ekor simbol naga. Di lantai bawah bangunan ini, terdapat Altar Macko dan Kong Co. Namun uniknya, di lantai atas bangunan ini terdapat Altar Dewi Kwan Im dan dewi-dewi lainnya yang merupakan Dewi bagi agama Budha.

4.    Pura Agung Jagat Karana

Tempat ibadah di Surabaya ini terletak di sebelah utara Surabaya. Tempat ibadah umat Hindu ini banyak dikunjungi terutama saat hari-hari besar keagamaan Hindu. Seperti Galungan dan Kuningan. Pura ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Mandala Utama (Jeroan), Mandala Madya (Jaba Tengah) dan Mandala Nisata (Jaba Luar).

5.    Gereja Katholik Santa Perawan Maria

Mengakhiri wisata religi Anda di Surabaya, Anda bisa menikmati keanggunan bangunan gereja yang dibangun sejak abad ke-18. Gereja Katholik Santa Perawan Maria ini, kini menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Surabaya.

Arsitektur bangunan ini begitu cantik dan mirip seperti gereja-gereja di Eropa. Tembok bangunan ini terbuat dari batu bata yang berasal dari Eropa. Untuk memperkuat “rasa” seperti bangunan Eropa, maka kaca-kaca dibuat seperti gambar-gambar seperti kitab Injil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar