Selasa, 03 Maret 2015

Mengunjungi Museum Rudi Isbandi, Museum Unik di Surabaya

Menjelajahi Surabaya, tidak hanya sekedar mengunjungi berbagai tempat wisata di Surabaya saja. Cobalah untuk mempelajari seni dengan mengunjungi Museum Rudi Isbandi. Anda akan melihat aneka karya seni bernilai tinggi mulai dari lukisan yang terbuat dari cat air hingga dari gir sepeda.

Museum Rudi Isbandi ini adalah museum seni rupa keenam di Indonesia yang dimiliki oleh Rudi Isbandi. Rudi Isbandi adalah maestro seni lukis mix media atau teknik lukis yang menggabungkan aneka komponen seperti sampah dan barang bekas sehingga menghasilkan sebuah karya seni.

Tempat wisata di Surabaya ini dekat dengan Kampus B Unair atau tepatnya di Jalan Karang Wismo I No. 10, Surabaya. Museum ini buka sejak pukul 8 pagi hingga 12 siang dan kembali buka pada pukul 4 sore hingga 9 malam. Namun, ada baiknya jika Anda datang sebelum sore hari. Karena museum ini masih menggunakan pencahayaan alami. Jika Anda mengunjunginya sebelum sore hari, Anda bisa mendapatkan pencahayaan terbaik untuk melihat karya seni ini.

Tariff masuk museum ini sebenarnya sukarela. Namun, Anda paling tidak harus membayar sebesar 5 ribu Rupiah. Dengan tariff murah tersebut, Anda bisa melihat aneka koleksi lukisan yang memiliki harga mencapai ratusan juta Rupiah.
Yang membuat museum ini wajib Anda kunjungi meski Anda tidak paham akan karya seni lukis adalah, sang maestro akan langsung menemani Anda sambil menjelaskan arti dari setiap lukisan yang ia buat. Total karya seni yang ada di museum ini adalah 200 buah. Semuanya terpajang rapi di museum yang juga merangkap sebagai tempat tinggalnya.

Karya seni lukis yang ia buat tidak hanya sekedar goresan cat saja. Namun juga dipadukan dengan kanvas, gir sepeda hingga radio rusak. Semuanya ia sulap menjadi lukisan yang bernilai seni tinggi. Anda akan melihat keunikan tersendiri dari setiap karya seni yang ia buat.

Rasanya jika Anda tak mengerti dari karya seni lukisan yang sering ada di museum, Anda pastinya akan mengerti arti dan maksud dari lukisan yang ada di Museum Rudi Isbandi ini. Selain karena sang maestro akan menjelaskannya pada Anda secara langsung. Anda juga akan melihat lukisan dengan cara yang berbeda di tempat wisata di Surabaya ini.

1 komentar:

  1. Anda yang berminat untuk memiliki koleksi barang seni tersebut dapat menghubungi kami, Titi & Nugroho di Bekasi, anak & menantu dari Bp. Rudi Isbandi, di nomor 0856-9227-2597/2618

    BalasHapus