Senin, 02 Maret 2015

Mengagumi Arsitektur Masjid Cheng Ho, Masjid Kebanggaan Warga Surabaya

Indonesia menjadi salah satu Negara yang menghargai suatu sejarah. Salah satu yang menjadi bentuk penghormatan Indonesia terhadap sejarah adalah dengan dibangunnya salah satu tempat wisata di Surabaya yaitu Masjid Cheng Ho Surabaya. Masjid tersebut dibangun untuk menghomati jasa dari Laksamana Cheng Ho.

Laksamana Cheng Ho adalah seorang Muslim Tionghoa yang memiliki jasa dalam hal politik perdamaian bahari, perdagangan, hingga penggabungan kebudayaan kerajaan-kerajaan di Indonesia pada zaman dahulu dengan kebudayaan Tionghoa. Arsitektur dari Masjid Cheng Ho Surabaya ini juga menggambarkan penggabungan antara kebudayaan Tionghoa dengan Islam. Sehingga menjadi ciri khas tersendiri.

Tempat wisata di Surabaya ini menawarkan wisata budaya serta wisata arsitektur. Berbagai ornamen khas China menjadi pemandangan yang menarik. Masjid ini bahkan berbentuk layaknya sebuah kelenteng. Namun tentunya dihiasi dengan aneka tulisan-tulisan arab ciri khas sebuah masjid.

Masjid yang identik dengan warna merah, kuning, biru dan hijau ini berdiri di atas tanah seluas 3.070 meter persegi. Masjid yang dibangun oleh Pembina Imam Tauhid Islam (PITI), pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur dan tokoh masyarakat China di Surabaya pada tahun 2002 ini mengambil inspirasi dari Masjid Niu Jie di Beijing.
Desain arsitektur masjid ini cukup unik. Selain bangunannya yang mirip kelenteng, berbagai desainnya pun disesuaikan dengan penggambaran agama Islam. Seperti angka 11 dan 9 yang merupakan ukuran luas bangunan utama yakni 11 x 9 meter persegi atau angka 8 dari 8 sisi pada bangunan utama masjid. Angka 11 sendiri adalah ukuran Ka’bah saat baru dibangun, angka 9 merupakan jumlah dari Wali Songo, serta 8 yang merupakan lambang Pat Kwa atau keberuntungan dalam budaya Tionghoa.

Tak hanya itu saja. Anak tangga pada bagian serambi masjid berjumlah 5 yang menggambarkan rukun Islam, angka 6 dari jumlah tangga di bagian dalam masjid sebagai penggambaran dari rukun iman. Desain dari ruangan imam untuk memimpin sholat pun mirip seperti pintu gereja. Tentu saja hal tersebut menggambarkan penghormatan terhadap perbedaan agama di masjid ini.

Desain arsitektur yang unik ini membuat Masjid Cheng Ho Surabaya ini layak untuk Anda kunjungi saat berada di Surabaya. Anda bisa bebas mengeksplore tempat wisata di Surabaya ini. Mulai dari berfoto hingga sekedar berjalan-jalan di dalam kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar